Peluang Bisnis Kecil

13 Nov 2013

Peluang Bisnis Kecil

Peluang Bisnis Kecil

Peluang bisnis kecil. Kajian tentang dunia usaha kecil di Indonesia memang selalu menarik. Ada sejumlah karakteristik yang serupa diantara UKM tersebut, yaitu kebanyakan usaha mereka dikelola oleh perorangan yang merangkap sebagai pemilik dan pengelola usaha. Mereka juga mempergunakan tenaga kerja dari keluarga dan kerabat dekatnya.

Usaha kecil umumnya Juga tidak mempunyai pembagian tugas yang jelas antara bidang administrasi dan operasional. UKM umumnya bersifat informal, sangat lentur terhadap perubahan, mudah mengalami out and entry, dan bergerak pada jenis usaha yang sangat beragam. Lihat juga peluang bisnis rumahan 2014.

Selain itu, kebanyakan UKM tidak memiliki legalitas dalam bentuk izin usaha. Menurut BPS, hingga pada tahun 2004 tak kurang sebanyak 17. 145.244 usaha tidak memiliki ijin usaha (lihat tabel). Jumlah ini belum termasuk usaha skala mikro yang jumlahnya jauh lebih besar lagi.

Sedangkan menurut hasil penelitian yang dilakukan Jaringan Nasional Pendukung Usaha Kecil Menengah (JNP-UKM) pada tahun 2000 menemukan bahwa sebanyak 80 persen pelaku usaha kecil dan menengah tidak memiliki izin usaha. Dalam perkembangannya kini, data di atas tidak memperlihatkan perubahan berarti.

Menariknya, ciri pelaku usaha kecil ini melanda semua golongan usia, termasuk pelaku bisnis yang berusia muda. Bahkan dari sejumlah pengalaman, tak jarang para pelaku usaha muda ini dibayangi rasa takut dan ragu dalam memulai atau menjalankan usaha. Seperti yang juga dialami para pelaku UKM lainnya, pengusaha muda kurang memiliki wawasan dan ketrampilan yang cukup dalam berwirausaha. Merekapun sering terjebak dalam keraguan, dari mana memulai usaha dan bagaimana mencari peluang bisnis kecil yang prospektif, termasuk peluang bisnis di internet.


TAGS Peluang Bisnis Kecil


-

Author

Follow Me